Senin, 30 April 2018

Pertemuan 9 : Pentingnya Menjadi Komunikator Bisnis yang Baik

Pentingnya Menjadi Komunikator yang Baik


Keuntungan menjadi komunikator di dunia bisnis

A. Point of sale material
Point of sale material adalah bentuk komunikasi produk kepada masyarakat. Ada berbagai macam produk yang    yang dipasarkan kepada konsumen. Ada beberapa produk yang mempromosikan melalui media dengan membujuk konsumen dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Tapi ada juga masyrakat yang belum mengenal produk tersebut, sehingga banyak konsumen yang  tidak tertarik untuk membelinya.  produsen perlu menggunakan strategi komunikasi yang baik agar produknya bisa tersampaikan dengan baik ke seluruh konsumen. Agar strategi tercapai maka diperlukan Point of sale material atau juga yang dikelanal dengan point of purchase. Cara ini bisa dilakukan dengan berbagai bentuk seperti melalui poster, display, shelftrip, asbak,payung, meja, dengan logo dan nama perusahaan tersebut.

B. Produsen Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Konsumen
Agar produk dalam perusahaan memperoleh laba. Maka produsen harus bisa  menyesuaikan diri dengan lingkungan konsumen. Hubungan produsen dan konsumen adalah hubungan yang harus dijaga ke eratannya. Keberhasilan hubungan ini dipengaruhi bagaimana produk yang dihasilkan oleh produsen, yaitu baik dari segi manajemen atau citra yang ditampilkan.
Terkadang konsumen menghadapi keraguan dalam menentukan kualitas dari produk yang ada. Kebanyakan para produsen memaksa atau menyudutkan konsumen untuk membeli produknya Dan banyak konsumen  merasa tertipu serta  kecewa saat membeli produk tersebut. Hal tersebut adalah langkah yang salah dalam memuaskan dan meyakinkan konsumen.
Langkah pertama yang harus dilakukan produsen adalah memperbaiki kebiasaan komunikasi yang buruk. Langkah selanjutnya adalah :
a. Jangan memberi alasan sama
b. Jangan menilai kualitas produk secara berlebihan
c. Jangan menjatuhkan produk sejenis dari perusahaan lain
d. Sampaikan informasi sewajarnya
e. Tanggapi dengan segera setiap keluhan konsumen
f. Bertindak secara mantap.
Jadi produsen tidak lagi memkasakan konsumen melainkan dapat  menyesuaikan  keinginan dan kebutuhan konsumen.

C. Hubungan antar industri
Hubungan antar industri merupakan hubungan interaksi antara industri yang satu dengan industri yang lain. Ini  merupakan aspek penting dalam dunia bisnis. Perubahan dari suatu industri berpengaruh terhadap industri lain. Bila ada perbedaan input, maka akan berpengaruh pada konsumen yang memakai dan menjual input tersebut.sehingga perlu adanya hubungan komunikasi yang baik dan harmonis antara industri satu dan yang lainnya.
Hubungan antar industri terdiri atas hubungan langsung, hubungan tidak langsung dan hubungan induksi.

Sumber : 
http://emanuelaclarestasabatina.blogspot.in/2015/06/komunikasi-bisnis-bab-7-8-9-keuntungan.html?m=1
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab1-latar_belakang_dan_peranan_komunikasi_dalam_dunia_bisnis.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar